TOL BECAKAYU (BEKASI-CAWANG-KAMPUNG MELAYU)
Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) adalah jalan tol berkonstruksi layang
yang dibangun di atas sungai Kalimalang di kota Jakarta Timur dan Bekasi untuk mengurai kemacetan di
sekitar Kalimalang. Jalan tol ini dimulai pembangunannya pada tahun 1996 oleh PT
Kresna Kusuma Dyandra Marga, namun terhenti dua tahun kemudian akibat krisis moneter yang melanda. Jalan tol Becakayu
menelan biaya investasi Rp 7,2 triliun, biaya konstruksi Rp 4,785 triliun,
biaya pembebasan tanah Rp 449 miliar, dan masa konsesi 45 tahun (sejak SPMK).
Investor dan pengelola Tol Becakayu adalah PT Waskita Toll Road, anak usaha
dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang memegang 60 persen saham PT
Kresna Kusuma Dyandra Marga. Jalan tol ini dikabarkan akan selesai tahun 2017.
Sebenarnya jalan tol ini keberadaannya dekat sekali
dengan rumah saya, hanya beberapa ratus meter, karena jalan tol ini melewati
kelurahan Jakasampurna Bekasi Barat, serta dibangun diatas kalimalang, sebuah
sungai yang sudah sangat tidak asing ditelinga masyarakat Kota Bekasi dan juga
Kota Jakarta tentunya.
Ketika saya kecil, saya sempat tinggal di daerah Bekasi
namun kemudian karna beberapa hal, saya berpindah pindah, dari Jakarta ke
Bekasi, Bekasi ke Jakarta, begitu seterusnya, jadi saya sangat mengenal sekali
apa saja yang sedang dibangun disekitaran jalan raya kalimalang dan sejak saya
kecil, saya selalu penasaran dengan sesuatu yang ada dipinggir kalimalang,
sebuah bangunan, seperti pondasi, sebuah proyek yang terlihat tidak selesai,
atau dalam kata lain “mandek”. Proyek itu belum selesai, tapi sejak kecil saya
penasaran, apa yang akan dibuat disitu, sebuah kereta layang kah? Jujur saya
tidak terpikirkan, pondasi yang mandek itu akan dijadikan tol.
Seiring
dengan berjalannya waktu, ternyata pondasi yang mandek itu dilanjutkan ditahun
2014, mulailah banyak bahan bahan material pembuat jalan tol diturunkan dibawah
bawah tiang pondasi itu, dan hal tersebut sebenarnya membuat badan jalan
menjadi sempit, yang kemudian menyebabkan macet. Ada beberapa hal yang
sebenarnya saya keluhkan karna pembuatan jalan tol itu, yang pertama, badan jalan
menjadi sempit, kedua jalanan menjadi banyak yang rusak dan berlubang, serta
banyak pasir jikalau anginnya sedang bertiup kencang, jika hujan, jalan raya
kalimalang akan menjadi kotor karna air hujan yang turun bercampur pasir, dan
yang terakhir, pohon pohon yang besar yang sedari dulu tumbuh di sepanjang pinggiran
jalan raya kalimalang harus ditebang dan membuat jalan terlihat panas dan
gersang.
Mungkin
itulah yang akan kami rasakan sebagai “orang teknik sipil” jikalau nanti sudah
lulus kuliah, dan mengerjakan suatu proyek, kita jangan hanya melihat dari
sudut pandang satu orang, tapi harus lihat manfaat apa dari proyek yang kita
bangun, setidaknya meminimalisir keluhan warga sekitar yang terkena dampak dari
pembangunan, serta mengembalikan kembali lingkungan yang mungkin dirusak
sementara untuk pembangunan ini.
Selasa, 6 Desember 2016
Saya beserta tim sudah melakukan serangkaian persiapan
untuk menanyakan beberapa hal kepada salah satu yang bertanggung jawab atas
pembuatan tol ini dari awal hingga akhir. Pukul 10.00 wib, saya dan tim sudah
sampai di lokasi, tempatnya memang sedang tahap pembangunan akhir, alias hampir
rampung, karena yang mengarah ke Jakarta sudah jadi, tinggal penyelesaian dan
penambahan akhirnya saja. Setelah kami bertanya ke beberapa sub-kontraktor
disana, mereka menyarankan kami, jika ingin melakukan wawancara, kami harus ke
kantor P.T Waskita Toll Road nya saja yang jaraknya lumayan jauh bagi saya
untuk ditempuh, karena saya tahu daerah yang dimaksudkan para “tukang”
tersebut. Setelah beberapa kali bertanya, akhirnya saya dan tim melihat ada seorang Bapak yang kelihatan nya sedang memberikan beberapa arahan, dia
berbicara seperti “mandor”, lalu kemudian kami dekati beliau, dan setelah
berbincang, akhirnya ia mau untuk diwawancarai sedikit mengenai proyek
pembangunan Tol Becakayu ini. Kami sangat beruntung, ternyata beliaulah penanggung jawab atas proyek ini, mulai dari awal hingga selesai, beliau
bernama Bapak Niko, lulusan Teknik Sipil UGM, asalnya dari Sulawesi, dan
sebenarnya beliau bertempat tinggal di Depok, tidak terlalu jauh dari kampus
kami, Gunadarma.
Kami sebenarnya
tertarik dengan beberapa hal dari tol ini, pertanyaan yang langsung kami
lontarkan adalah, mulai sejak kapan seebenarnya jalan tol becakayu ini
dirintis, kemudian Pak Niko menjelaskan, Tol Becakayu ini sebenarnya sudah
dirintis sejak masa orde baru, sekitar Tahun 1994-1997, namun kemudian mangkrak
dan tidak dilanjutkan, baru dilanjutkan kembali pada masa kepemimpinan Presiden
Jokowi tahun 2014.
Sempat berganti konsultan,
yang dulunya bekerjasama dengan konsultan Buana Arsikon, sekarang digantikan
oleh Delta Konstruksi. Desain awalnya dijalankan di 2006, kemudian ada review
ulang di tahun 2008, tetapi secara keseluruhan, mengikuti plan awal sejak tahun
2000.
Pembahasan selanjutnya saya dan tim bertanya tentang
berapa jumlah/total uang yang telah dikeluarkan untuk membangun proyek ini, Pak
Niko menjawab “sejauh ini total nilai proyeknya sudah menghabiskan dana sekitar
5,7 Trilyun Rupiah”. Sejenak kami memikirkan, dapat darimana uang sebanyak itu,
lalu beliau mengatakan “ Dana nya berasal dari APBN “.
Kemudian kami penasaran
dengan detail tol becakayu ini, seberapa panjangkah, lebar jalannya apakah
cukup besar, Kemudian Beliau Menuturkan “ Total panjang tol ini 12,5 km tetapi
itu hanya satu sisi, karna ini dua sisi, yaitu utara dan selatan jadi jika
ditotal menjadi 25km, lebar jalannya 13 m, bulan maret 2017 akan diresmikan
sepanjang 8km terlebih dahulu”.
Pembahasan akhir yang masih ingin kami tanyakan yaitu tentang
dampak, lalu apakah dalam pembangunan proyek ini melakukan kerjasama dengan
Perusahaan lain yang bergerak di bidang Pembangunan, dan yang terakhir apasih
peran pemerintah terhadap pembangunan tol ini, lalu kemudian beliau menjelaskan
“ sebenarnya kalo dampak, kalian harus tanya ke warga sekitar, jika memang ada,
pasti aka nada laporan ke kita ( maksudnya ke pihak yang membangun jalan tol
ini). Tapi sejauh ini tidak ada sih, kalau pihak yang bekerjasama, P.T Waskita
Karya yang jadi kontraktor utama, sisanya paling konsultan, peran pemerintah ya
paling seperti mengawasi, dan nanti yang akan meresmikan dari pihak pemerintah,
kalau sosialisasi, kita harus sosialisasi ke pihak pihak yang terkait, mulai
dari RT, RW, Lurah, Camat, Polsek setempat serta Koramil, dan Polsek juga ada 2
pihak, karena tol ini melewati 2 provinsi yang berbeda, yang pertama dari Kota
Bekasi dan yang kedua dari Kota Jakarta Timur”.
Begitu
beliau menuturkan panjang jelas, beliau sempat bertanya tanya juga kepada kami,
darimana asal daerah kami, serta memberikan beberapa nasihat kepada kami agar
kelak menjadi orang yang berguna, dan taat serta patuh terhadap Yang Maha Kuasa
serta Orangtua.
Terlihat dari cara bicara
dan pandangan nya, beliau bukan orang sembarangan, karna pengalaman beliau juga
dibilang cukup bagus, beliau pula yang mengajari kami tentang pondasi tol pada
umumnya, beliau gambarkan disebuah kertas, kami sangat senang serta sangat
beruntung bertemu Bapak Niko.
Harapan
saya untuk Tol Becakayu ini semoga cepat diresmikan, dan dapat digunakan secara
baik dan bijak oleh semua pihak, apa apa yang telah dirusak sementara oleh
pihak kontraktor harus segera dikembalikan, seperti lingkungan yang menjadi
terlihat kumuh dan kotor, serta jalan yang sempit dan berlubang harus segera
diperbaiki ulang seiring berjalannya waktu.
Berikut adalah foto-foto
saat wawancara dan keadaan tol yang sedang dibangun, semoga bermanfaat :
Salam Sipil! Sipil Satu!
Sumber :
Nama : Sabrie Prasetio
NPM : 16316746
Keep Blogging ya
BalasHapusTrims,
Reza
iya mas makasih banyak udah mampir, Thanks for Support hehe
HapusBoleh minta alamat lengkap Kantor pt waskita toll road di Proyeknya mas?
BalasHapuskalau alamat lengkap saya kurang tau mas karena belum sempat mengunjungi, cuma beberapa kali saya tanya kata engineer yang bekerja di toll road ini, kantor nya ada didaerah Pangkalan Jati
Hapus