JURNAL 1
Judul Jurnal : PENGARUH VARIASI
LEBAR PONDASIH DAN JUMLAH LAPISAN PERKUATAN GEOGRID PADA
TANAH RC 85% TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH DENGAN PONDASI MENERUS
Penulis :
Aziz Benny Wijaya, Suroso Suroso, As’Ad Munawir
Link Jurnal : https://www.neliti.com/id/publications/115591/pengaruh-variasi-lebar-pondasih-dan-jumlah-lapisan-perkuatan-geogrid-pada-tanah
1.1. Penentuan Judul
Dalam jurnal yang dibahas ini memiliki judul “PENGARUH
VARIASI LEBAR PONDASIH DAN JUMLAH LAPISAN PERKUATAN GEOGRID PADA TANAH RC 85% TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH
DENGAN PONDASI MENERUS” dipilih karena lebar pondasi dan jumlah lapisan
perkuatan geogrid pada tanah berpengaruh terhadap daya dukung tanah.
1.2. Abstrak
Dalam jurnal ini abstrak yang disajikan sudah cukup lengkap
karena sudah berisi latar belakang, tujuan, serta metode pembahasanya dipakai
untuk menentukan pemecahan masalah yang terjadi. Yang melatarbelakangi jurnal
ini karena Daya dukung tanah merupakan faktor yang berperan penting dalam
perencanaan pondasi, sehingga penulis dituntut untuk membuat jurnal ini untuk
mengatasi hal tersebut.
1.3. Latar Belakang
Berdasarkan
latar belakang jurnal yang disajikan oleh penulis, pembaca dapat menyimpulkan
bahwa masalah yag dibawa penulis ini adalah Apabila daya dukung yang ada kurang
memadai untuk menopang struktur bangunan, maka perlu diberikan perkuatan untuk
menambah daya dukungnya. Pada tanah pasir perkuatan tesebut bisa menggunakan
geogrid.
1.4. Metode Pengumpulan Data
Tahapan
dalam pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis sudah cukup lengkap,
disertai juga dengan gambar-gambar serta skema pengerjaan. Sehingga membuat
para pembaca awam dapat mengerti maksud dari penulis.
1.5. Hasil Pengamatan
Pada hasil pengamatan ini penulis menjelaskan secara detail
perkuatan tanah tanpa dan dengan perkuatan dengan menyajikan tabel, grafik, dan
penjelasan lainnya sehingga pembaca dapat mengerti secara jelas perbedaan nya.
JURNAL 2
Judul Jurnal : Pengaruh Jarak Lapis
Teratas Dan Jumlah Lapisan Geogrid Terhadap Daya Dukung Tanah Pasir
Dengan Pondasi Menerus
Penulis Jurnal : Rahamdhana Purwa Widagda, As'ad Munawir, Arief
Rachmansyah
Link Jurnal : https://www.neliti.com/id/publications/115609/pengaruh-jarak-lapis-teratas-dan-jumlah-lapisan-geogrid-terhadap-daya-dukung-tan
1.1. Penentuan Judul
Judul ” Pengaruh Jarak Lapis Teratas Dan Jumlah Lapisan
Geogrid Terhadap Daya Dukung Tanah Pasir Dengan Pondasi Menerus” dipilih karena
tepat untuk dibahas karena pada saat ini banyak bangunan yang dibangun dengan
pondasi menerus karena daya dukung tanah yang kurang baik.
1.2. Abstrak
Pada bagian abstrak, penulis sudah cukup detil menjelaskan
mengenai latar belakang masalah penulisan jurnal tersebut. Penulis sudah
mencantumkan pula tujuan penulisandan hal yang melatarbelakangi penulis
melakukan penelitian tersebut adalah keingintahuan penulis terhadap pengaruh
jarak lapis teratas dan jumlah lapisan geogrid terhadap daya dukung tanah pasir
menggunakan pondasi menerus. Penulis juga dengan lengkap memberikan rumus serta
perhitungan yang dibutuhkan dalam jurnal ini.
1.3. Latar Belakang
Berdasarkan latar belakang yang telah dibaca, pembaca
menyimpulkan bahwa permasalahan yang dijelaskan penulis berhubungan dengan
pembangunan yang sedang marak terjadi belakangan ini, dan geogrid adalah salah
satu bahan perkuatan yang dapat digunakan.
1.4. Metode Pengumpulan Data
Tahap-tahap pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam
kegiatan ini disebutkan secara detail dan
cara penyampaian nya baik sehingga mudah dimengerti
.
1.5. Hasil Pengamatan
Penulis membuat dua hipotesis yang membandingkan bangunan
yang dibangun tanpa perkuatan geogrid dengan perkuatan geogrid dan hasil yang
didapatkan cukup jelas ditangkap oleh pembaca karena disajikan dalam bentuk
tabel, grafik serta penjelasan tambahan lainnya.
JURNAL 3
Judul Jurnal : PENGENDALIAN DAMPAK
PERUBAHAN DESAIN TERHADAP WAKTU DAN BIAYA PEKERJAAN KONSTRUKSI
Penulis Jurnal : Ari Sandyavitri
1.1. Penentuan Judul
Judul ” PENGENDALIAN DAMPAK PERUBAHAN DESAIN TERHADAP WAKTU
DAN BIAYA PEKERJAAN KONSTRUKSI” dipilih karena sangat tepat untuk dibahas
karena pada proses pembangunan atau proses konstruksi sangat banyak faktor yang
menyebabkan desain berubah dan memakan biaya serta waktu tambahan yang dapat
merugikan.
1.2. Abstrak
Pada jurnal ini penulisan abstrak sudah lengkap yaitu
terdapat latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Penulis sudah
menjelaskan secara lengkap, jelas dan padat mengenai isi jurnal pada bagian
ini. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Perubahan signifikan pada
struktur desain disaat fase konstruksi dapat berakibat fatal pada peningkatan
biaya dan waktu pelaksanaan proyek. Secara teoritis untuk mengurangi dampak
kelambatan dan pembengkakan biaya proyek dapat diusulkan 4 (empat) metode
pengendalian; (i) memanjemen kerja lembur; (ii) kerja bergantian; (iii)
tambahan tenaga baru; dan (iv) pemindahan sebahagian tenaga dari kegiatan lain
kerja bergiliran.
1.3. Latar Belakang
Berdasarkan latar belakang yang telah dibaca, pembaca
menyimpulkan penulis mendemostrasikan pengaruh perubahan desain pada
pembangunan gedung kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi Riau.
Perubahan desain struktur atap memicu dampak komulatif dari pelaksanan
aktifitas pembangunan berupa perubahan dimensi rangka baja atap, struktur plafon,
instalsi listrik dan perkabelan, dan penempatan ventilasi udara. Sebagai
konsekuensinya proyek ini mengalami kelambatan sampai 68 hari dan peningkatan
biaya sampai 29% dari total biaya (dari Rp. 57 miliar menjadi Rp. 73.3 miliar).
1.4. Metode Pengumpulan Data
Tahap-tahap pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam
kegiatan sudah disebutkan secara detail dan disertakan gambar peta konsep dari
metode penelitian yang akan sangat membantu pembaca untuk memahami apa yang
dilakukan penulis dalam proses pengumpulan data.
1.5. Hasil Pengamatan
Pada bagian ini, penulis menjelaskan tabel yang menjadi
solusi dari segala permasalahan yang dikeluhkan penulis karena pembangunan
Gedung DPR yang memakan biaya serta waktu tambahan.
JURNAL 4
Judul Jurnal : Analisis
Peningkatan Jalan Pada Ruas Jalan Jatiwangi - Jatitujuh
Penulis :
Arief Ridho Syaepullah, Dr.H.Saihul Anwar,Ir.,M.Eng.,MM.
Link Jurnal : https://www.academia.edu/24176700/JURNAL_KONSTRUKSI
1.1. Penentuan Judul
Judul
“Analisis Peningkatan Jalan Pada Ruas Jalan Jatiwangi - Jatitujuh” dipilih
karena dari tahun ke tahun jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan ini
semakin bertambah, apalagi dengan akan dibangunnya Bandar Udara bertaraf
Internasional yang berada di Kabupaten Majalengka jalur ini sangat berpotensi
untuk perkembangan lalu lintas.
1.2. Abstrak
Pada
jurnal ini penulisan pada Abstrak sudah cukup lengkap terdapat latar belakang,
tujuan, metode yang dipakai, serta kesimpulan pengujian. Penulis ingin
memberikan solusi dengan peningkatan jalan berupa pelebaran jalan sebesar 14
meter dengan tebal lapisan permukaan tambahan 11,5 cm menggunakan Laston (MS
590) untuk mengantisipasi pertumbuhan lalu lintas yang ada.
1.3. Latar Belakang
Berdasarkan
latar belakang pada jurnal, pembaca menyimpulkan bahwa permasalahan yang
dibahas oleh penulis memiliki permasalahan yang sama melanda Indonesia terutama
pada kota- kota besar. Yaitu peningkatan volume kendaraan dari tahun ke tahun
dan diperlukan adanya peningkatan jalan dengan pelebaran.
1.4. Metode Pengumpulan Data
Tahap-
tahap pengumpulan data pada jurnal ini menurut pembaca sudah lengkap dengan
langkah-langkah yang dapat dipahami oleh pembaca.
1.5. Hasil Pengamatan
Pada
bagian hasil pengamtan serta kesimpulan penulis menjelaskan detail tentang
solusi pelebaran yand direncanakan agar tetap pada pembangunan berkelanjutan
dan tetap ekonomis serta efisien. Penulis juga mencantumkan tabel yang cukup
detail tentang jurnal ini.
JURNAL 5
Judul Jurnal : Kajian Konsep
Kebijakan Infrastruktur Strategis untuk Pengendali Banjir Jakarta
(Studi
Kasus Giant Sea Wall dan Multi Purpose Deep Tunnel)
Penulis :
Agung Wiyono
Link Jurnal : https://ftsl.itb.ac.id/jurnal-teknik-sipil/2016-2017/
1.1. Penentuan Judul
Judul
pada jurnal “Kajian Konsep Kebijakan Infrastruktur Strategis untuk Pengendali
Banjir Jakarta (Studi Kasus Giant Sea Wall dan Multi Purpose Deep Tunnel)“
dipilih karena Banjir menjadi masalah bagi Jakarta sejak dahulu, jauh sebelum
masa kemerdekaan Indonesia. Dikelilingi oleh 13 sungai, menjadikan wilayah ini
rawan terhadap banjir.
1.2. Abstrak
Pada
jurnal ini abstrak yang disajikan cukup lengkap karena berisikan tentang latar
belakang jurnal ini dibuat, tujuan, serta metode yang akan dipakai untuk
mengatasi masalah pada jurnal tersebut. Hal yang melatarbelakangi jurnal ini
adalah membahas rencana dan konsep kebijakan penanganan banjir dengan
infrastruktur sea wall dan deep tunnel, simulasi pengambilan keputusan dalam
organisasi dengan teori kebijakan publik: The Garbage Can Model of
Organizational Choice. Apakah dapat mengurangi volume banjir di Jakarta atau
tidak.
1.3. Latar Belakang
Berdasarkan
latang belakang pada jurnal, pembaca dapat menyimpulkan bahwa
permasalahan yang terjadi Citra Jakarta sebagai ibukota negara
sekaligus barometer ekonomi Indonesia memburuk akibat banjir yang kerap terjadi
di wilayahnya. Kerugian yang dialami mencapai nilai triliunan.
1.4. Metode pengumpulan Data
Tahap-tahap
pada pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dudah cukup lengkap dan
detail, disertai peta konsep serta skema pengerjaan pada dari metode
penelitian. Sehingga membantu para pembaca untuk memahami isi tulisan dari
penulis.
1.5. Hasil Pengamatan
Pada bagian ini, penulis sudah sangat lengkap memaparkan
segala pengamatan yang telah dilakukan, akan tetapi banyak singkatan singkatan
kata yang mungkin jika dibaca orang yang belum tau ilmunya maka akan bingung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar